November 04, 2010

agar anak rajin menabaung


Anda pasti ingin agar anak Anda menjadi pribadi yang hemat dan cermat dalam menggunakan uang. Oleh karenanya, anak mulai diperkenalkan pada istilah 'menabung'. Kebiasaan menabung sudah bisa diajarkan dan ditanamkan kepada anak sejak kecil. Berikut ini adalah tips mengajari anak untuk menabung:
• Berikan pengertian bahwa uang yang ia dapat adalah hasil kerja dari orangtuanya yang didapatkan dengan segala jerih payahnya. Sehingga anak tidak gampang menghamburkan uang untuk jajan.
• Bila anak masih kecil, belikan celengan berdesain lucu yang bisa dibuka-tutup. Hindari membeli celengan yang dipecahkan. Karena anak mungkin merasa sayang melakukannya.
• Ajak si kecil membuka dan menghitung isi celengannya secara berkala. Dengan begitu, ia bisa melihat dan mengalami sendiri bahwa bila ia rajin menabung maka jumlah uangnya akan terus bertambah banyak.
• Setelah uang anak mencapai jumlah tertentu, Anda dapat mengajaknya untuk menabung di bank.
• Biasakan memberi uang saku, sehingga anak dapat mengelola uang. Biasakan dia menabungkan selisih uang saku tadi sebelum sekolah. Cara ini lebih efektif dibandingkan mengajarkannya dari sisa uang sakunya.
sumber belajar .com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...