Juni 23, 2012

permainan 6-10 islami

Nama Permainan: Yang Ingin Aku Ketahui

Sasaran:
  • Santri usia 6-9 tahun
  • Waktu: 10 menit

Tujuan:

  • Melatih kecepatan mengajukan pertanyaan tentang Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
  • Pencatat waktu
Langkah-langkah:
  1. Jelaskan bahwa permainan ini untuk melatih kecepatan mengajukan pertanyaan yang benar tentang Al Qur’an
  2. Tentukan waktu, misalnya, 3 menit untuk setiap santri untuk menyusun pertanyaan secara spontanMintalah salah satu santri untuk tampil ke depan.
  3. Tugasnya mengambil salah satu Kartu B3Q dan mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya dalam waktu 3 menit mengenai isi Kartu tersebut
  4. Perhatikan apakah pertanyaan itu benar, dan berapa banyak yang dapat ditanyakan dalam waktu 3 menit tadi
  5. Setiap selesai santri tampil, jelaskan pertanyaan mana yang benar dan mana yang salah

Nama Permainan: Tabel Menjodohkan

Sasaran:

  • Santri usia 5-9 tahun
  • Waktu: 5-30 menit

Tujuan:

  • Mengenal hubungan pasangan nama-nama surat dan nomornya.

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Papan tulis
  3. Kapur atau spidol white board
  4. Kartu manila putih ukuran standar
  5. Potongan kecil kertas putih sebanyak 2 x lipat jumlah santri yang ada


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa perrmainan ini adalah menjodohkan pasangan yang benar dengan cara menarik garis panah
  2. Buatlah table, misalnya seperti contoh di bawah ini. Tabel ini dapat dibuat dalam bentuk jadi dalam sebuah karton manila atau dapat dibuat pada papan tulis

Tulislah sebuah nama surat yang jawaban pasangannya tidak ada sebagai jebakan. Untuk menentukan siapa yang akan maju ke muka, buatlah potongan kertas sebanyak 2 x lipat jumlah santri. Setengah isi kertas itu ada yang kosong dan ada yang bertuliskan (!), yang artinya kebagian tugas menjodohkan. Tabel tadi juga dapat berupa gambar visual dari nama surat. Ini dugunakan pada santri usia 5 tahun. Untuk mengecek kebenarannya pergunakan Kartu B3Q


Nama Permainan: Melanjutkan Kisah Al Qur’an

Sasaran:

  • Santri 6-8 tahun
  • Waktu: 15 Menit

Tujuan:

  1. Mampu merangkaikan suatu kisah
  2. Mampu bekerjasama dengan teman dalam menyususn kisah berdasarkan penjelasan teman sebelumnya

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q; Kuartet yang dapat dijadikan bahan cerita.
  2. Kartu manila ukuran 5 x 5 cm yang bertuliskan bilangan 1 – 4


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan permainan ini adalah untuk merangkaikan kisah secara bergiliran.
  2. Untuk Kartu yang berupa gambar, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri.
  3. Untuk bahan berupa nomor urut, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri, yang menunjukan urutan melanjutkan kisah.S
  4. antri yang mendapat bahan bergambar, diminta untuk memulai berkisah.
  5. Diskusikan siapa yang pertama kali mendapat giliran berdasarkan gambarnya.
  6. Untuk santri yang mendapat kartu bernomor 1, 2, 3, dan 4 secara bergantian menyampaikan kisah tertentu.
  7. Kisah tersebut dapat disepakati terlebih dahulu atau diserahkan kepada yang mendapat urutan nomor.


Nama Permainan: Meneliti Ayat Pertama Suatu Surat


Sasaran:

  • Santri usia 8 – 10 tahun
  • Waktu: 15 menit


Tujuan:

  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan ayat-ayat pertama dalam suatu surat
  2. Melatih cara melafalkan ayat-ayat pertama yang berbentuk huruf-huruf Hijaiyyah
  3. Melatih kepekaan penyimakan


Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q
  • Al Qur’an dan terjemahannya


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan maksudnya, yaitu menelaah ayat pertama suatu surat
  2. Kocoklah Kartu B3Q berikan satu kartu kepada salah seorang santri, dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan kartu yang ia dapat
  3. Mintalah santri untuk mencatat atau menulis ayat-ayat pertama 10 surat pertama
  4. Tanyakan apa yang dirasakan atau difikirkan santri. Dengarkan tanpa menyela
  5. Berilah cara yang benar membaca ayat-ayat tersebut


Nama Permianan: Meneliti Ayat Terakhir Suatu Surat

Sasaran:

  • Santri usia 10 –12 tahun
  • Waktu: 10 –30 menit

Tujuan:

  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan isi ( terjemahan ) Al Qur’an
  2. Melatih membaca ayat-ayat tersebut secara benar
  3. Mengetahui jumlah ayat setiap surat dalam setiap ayat


Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q
  • Al Qur’an dan Terjemahnya

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa santri akan dilatih untuk mengenali Al Qur’an secara apresiatif
  2. Kocoklah Kartu B3Q kepada salah seorang santri dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan informasi Kartu B3Q yang ia dapat pada pojok kiri bawah (jumlah ayat setiap surat)
  3. Berilah contoh cara membaca yang benar setiap ayat terakhir tadi dan terjemahannya
  4. Mintalah setiap santri secara bergiliran membaca ulang ayat-ayat terakhir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...