Juni 23, 2012

permainan 6-10 islami

Nama Permainan: Yang Ingin Aku Ketahui

Sasaran:
  • Santri usia 6-9 tahun
  • Waktu: 10 menit

Tujuan:

  • Melatih kecepatan mengajukan pertanyaan tentang Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
  • Pencatat waktu
Langkah-langkah:
  1. Jelaskan bahwa permainan ini untuk melatih kecepatan mengajukan pertanyaan yang benar tentang Al Qur’an
  2. Tentukan waktu, misalnya, 3 menit untuk setiap santri untuk menyusun pertanyaan secara spontanMintalah salah satu santri untuk tampil ke depan.
  3. Tugasnya mengambil salah satu Kartu B3Q dan mengajukan pertanyaan sebanyak-banyaknya dalam waktu 3 menit mengenai isi Kartu tersebut
  4. Perhatikan apakah pertanyaan itu benar, dan berapa banyak yang dapat ditanyakan dalam waktu 3 menit tadi
  5. Setiap selesai santri tampil, jelaskan pertanyaan mana yang benar dan mana yang salah

Nama Permainan: Tabel Menjodohkan

Sasaran:

  • Santri usia 5-9 tahun
  • Waktu: 5-30 menit

Tujuan:

  • Mengenal hubungan pasangan nama-nama surat dan nomornya.

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q
  2. Papan tulis
  3. Kapur atau spidol white board
  4. Kartu manila putih ukuran standar
  5. Potongan kecil kertas putih sebanyak 2 x lipat jumlah santri yang ada


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa perrmainan ini adalah menjodohkan pasangan yang benar dengan cara menarik garis panah
  2. Buatlah table, misalnya seperti contoh di bawah ini. Tabel ini dapat dibuat dalam bentuk jadi dalam sebuah karton manila atau dapat dibuat pada papan tulis

Tulislah sebuah nama surat yang jawaban pasangannya tidak ada sebagai jebakan. Untuk menentukan siapa yang akan maju ke muka, buatlah potongan kertas sebanyak 2 x lipat jumlah santri. Setengah isi kertas itu ada yang kosong dan ada yang bertuliskan (!), yang artinya kebagian tugas menjodohkan. Tabel tadi juga dapat berupa gambar visual dari nama surat. Ini dugunakan pada santri usia 5 tahun. Untuk mengecek kebenarannya pergunakan Kartu B3Q


Nama Permainan: Melanjutkan Kisah Al Qur’an

Sasaran:

  • Santri 6-8 tahun
  • Waktu: 15 Menit

Tujuan:

  1. Mampu merangkaikan suatu kisah
  2. Mampu bekerjasama dengan teman dalam menyususn kisah berdasarkan penjelasan teman sebelumnya

Bahan-bahan:

  1. Kartu B3Q; Kuartet yang dapat dijadikan bahan cerita.
  2. Kartu manila ukuran 5 x 5 cm yang bertuliskan bilangan 1 – 4


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan permainan ini adalah untuk merangkaikan kisah secara bergiliran.
  2. Untuk Kartu yang berupa gambar, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri.
  3. Untuk bahan berupa nomor urut, dikocok dan diambil secara acak oleh tiap santri, yang menunjukan urutan melanjutkan kisah.S
  4. antri yang mendapat bahan bergambar, diminta untuk memulai berkisah.
  5. Diskusikan siapa yang pertama kali mendapat giliran berdasarkan gambarnya.
  6. Untuk santri yang mendapat kartu bernomor 1, 2, 3, dan 4 secara bergantian menyampaikan kisah tertentu.
  7. Kisah tersebut dapat disepakati terlebih dahulu atau diserahkan kepada yang mendapat urutan nomor.


Nama Permainan: Meneliti Ayat Pertama Suatu Surat


Sasaran:

  • Santri usia 8 – 10 tahun
  • Waktu: 15 menit


Tujuan:

  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan ayat-ayat pertama dalam suatu surat
  2. Melatih cara melafalkan ayat-ayat pertama yang berbentuk huruf-huruf Hijaiyyah
  3. Melatih kepekaan penyimakan


Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q
  • Al Qur’an dan terjemahannya


Langkah-langkah:

  1. Jelaskan maksudnya, yaitu menelaah ayat pertama suatu surat
  2. Kocoklah Kartu B3Q berikan satu kartu kepada salah seorang santri, dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan kartu yang ia dapat
  3. Mintalah santri untuk mencatat atau menulis ayat-ayat pertama 10 surat pertama
  4. Tanyakan apa yang dirasakan atau difikirkan santri. Dengarkan tanpa menyela
  5. Berilah cara yang benar membaca ayat-ayat tersebut


Nama Permianan: Meneliti Ayat Terakhir Suatu Surat

Sasaran:

  • Santri usia 10 –12 tahun
  • Waktu: 10 –30 menit

Tujuan:

  1. Mengenali adanya perbedaan dan persamaan isi ( terjemahan ) Al Qur’an
  2. Melatih membaca ayat-ayat tersebut secara benar
  3. Mengetahui jumlah ayat setiap surat dalam setiap ayat


Bahan-bahan:

  • Kartu B3Q
  • Al Qur’an dan Terjemahnya

Langkah-langkah:

  1. Jelaskan bahwa santri akan dilatih untuk mengenali Al Qur’an secara apresiatif
  2. Kocoklah Kartu B3Q kepada salah seorang santri dan minta bukalah Al Qur’an sesuai dengan informasi Kartu B3Q yang ia dapat pada pojok kiri bawah (jumlah ayat setiap surat)
  3. Berilah contoh cara membaca yang benar setiap ayat terakhir tadi dan terjemahannya
  4. Mintalah setiap santri secara bergiliran membaca ulang ayat-ayat terakhir

permainan 1-5

Nama Permainan: Kelahiranmu Kapan ?

Sasaran:
  • Usia santri 6-10 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Mengingat kapan kelahiran dirinya
  2. Menyadari bagaimana berat dan sakitnya ibu melahirkan
  3. Mengenal nama dan nomor surat serta ayat Al Qur’an
  4. Mencintai ibu yang telah mengandung dan melahirkannya

Bahan-bahan:


  • Kartu B3Q: Kartu Surat Al Insan dan Kartu Surat Al A’laq
  • Al Qur’an dan terjemahnya
Langkah-langkah:

  1. Mintalah santri menulis kapan kelahirannya
  2. Jelaskan dengan bantuan gambar kartu surat Al Insan proses kelahiran seorang anak
  3. Hubungkan angka kelahiran dengan nama surat dalam Al Qur’an, caranya jadikan jumlah tanggal, bulan dan tahun kelahiran menjadi nomor surat. Contoh: 01-09-2002; jadi 1+9+2+0+0+2= 14; nomor surat ke 14 yaitu surat Ibrahim
Nama Permainan: Merangkai Kisah Al Qur’an dari kelompok kuartet

Sasaran:
  • Santri usia 5-10 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Mengenalkan nama-nama surat dalam Al Qur’an
  2. Membangun imajinasi lewat kisah dengan menggunakan nama surat
  3. Mengenal asal usul penamaan sebuah surat
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
Langkah-langkah:
  1. Tunjukkan empat kartu dalam kelompok kuartet seperti kelompok surat Makkiyah (Kuartet no.1): Al An’am, Al Jinn, Al Mursalat, An Naas
  2. Ceritakanlah sebab-sebab penamaan empat surat tersebut
  3. Mintalah santri untuk merangkai empat nama surat itu menjadi sebuah cerita
  4. Berilah sebuah contoh kisahnya, Missal: Allah menciptakan hewan-hewan (Al An’am) untuk kepentingan manusia (An Naas) dan begitu juga Allah telah mengutus Malaikat (Al Mursalat) untuk membimbing manusia dan jinn (Al Jinn)
Nama Permainan: Kartu Nama Surat

Sasaran:
  • santri usia 5-8 tahun
  • Waktu: 10 menit
Tujuan:
  1. Mengenalkan nama-nama surat lewat kartu surat bergambar dan bernomor
  2. Membangun imajinasi nama surat lewat visualisasi
  3. Menjodohkan nomor dan nama surat lewat mencari pasangannya
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
Langkah-langkah:
  1. Bagilah Santri menjadi dua kelompok. Kelompok A dan B dengan jumlah setiap kelompok empat orang
  2. Berikan setiap kelompok santri empat kartu Berilah mereka waktu 3-5 menit untuk mengingat nama surat dan nomor surat.
  3. Berikan Kartu santri A kepada santri B dan sebaliknya.
  4. Mintalah santri B untuk menyebut nomor surat dan santri A untuk menjawab nama surat dan sebaliknya.
  5. Berilah penjelasan tentang nama surat dan bantulah anak jika dalam kesulitan menemukan pasanganya.
Nama Permainan: Mengenal Surat Nama Hewan

Sasaran:
  • Santri 5-8 tahun
  • Waktu: 5-15 menit
Tujuan:
  1. Mengenalkan surat-surat Al Qur’an bernama hewan
  2. Menyebutkan nama-nama suratnya dengan benar
  3. Merangsang imajinasi anak tentang nama-nama binatang dalam surat Al Qur’an
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q
Langkah-langkahnya:
  1. Kumpulkan Kartu B3Q yang bergambar Hewan; Nomor surat: 2, 6, 16, 27, 29, 100, 105 (Al Baqarah, Al An’am, An Nahl, An Naml, Al Ankabuut, Al ‘Aadiyaat, Al Fiil
  2. Jelaskan bahwa santri akan diajak untuk mengenal surat-surat dalam Al Qur’an bernama hewan
  3. Mintalah salah seorang santri mengambil satu kartu
  4. Mintalah anak tersebut menyebutkan apa nama gambar binatang pada kartu tersebut
  5. Mintalah santri yang lain untuk menyebut nama suratnya.
  6. Akhirnya semua santri biarkan untuk membaca semua informasi yang terdapat dalam kartu yang bergambar hewan-hewan tersebut. Nama surat, nomor surat, jumlah ayat dan sebab penamaan surat
Nama Permainan: Siapa Aku, Nama Suratnya

Sasaran:
  • Santri usia 6-8 tahun
  • Waktu: 5-15 menit
Tujuan:
  1. Mengenal nama-nama surat dengan cara menjelaskan ciri-ciri tertentu
  2. Melatih imajinasi dan kemampuan menjelaskan secara lisan
Bahan-bahan:
  • Kartu B3Q; Surat nama Nabi 10, 11, 12, 14, 47, 71 (Yunus, Huud,Yusuf, Ibrahim, Muhammad, Nuuh)

Langkah-langkah

  1. Minta salah seorang santri untuk tampil ke depan.
  2. Tunjukan beberapa gambar tadi, untuk dipilih.
  3. Setelah itu, mintalah santri tersebut menjelaskan identitas nama surat tadi, dengan caranya, tanpa menyebutkan apa nama suratnya.
  4. Guru meminta agar santri yang lain menyebutkan nama surat yang diberikan penjelasan dan cirri-cirinya.
  5. Lakukan hal yang sama kepada semua santri, sampai semua nama surat tentang nama nabi dapat ditebak dengan benar.

pengenalan kartu bermain bercerita quran

Nama Permainan: Kelahiranmu Kapan ?

Sasaran:
  • Usia santri 6-10 tahun
  • Waktu: 15 menit
Tujuan:
  1. Mengingat kapan kelahiran dirinya
  2. Menyadari bagaimana berat dan sakitnya ibu melahirkan
  3. Mengenal nama dan nomor surat serta ayat Al Qur’an
  4. Mencintai ibu yang telah mengandung dan melahirkannya

Bahan-bahan:


  • Kartu B3Q: Kartu Surat Al Insan dan Kartu Surat Al A’laq
  • Al Qur’an dan terjemahnya
Langkah-langkah:

  1. Mintalah santri menulis kapan kelahirannya
  2. Jelaskan dengan bantuan gambar kartu surat Al Insan proses kelahiran seorang anak
  3. Hubungkan angka kelahiran dengan nama surat dalam Al Qur’an, caranya jadikan jumlah tanggal, bulan dan tahun kelahiran menjadi nomor surat. Contoh: 01-09-2002; jadi 1+9+2+0+0+2= 14;

Mei 23, 2012

workshop menjadi guru asyik dan menyenangkan

jangan Palingkan dulu perhatian anda sebelum anda membaca dengan lengkap informasi ini, atau akan merugi seumur hidup anda hee hee !.

EMAS hingga saat ini merupakan salah satu barang mewah, seseorang yang memiliki emas tentu saat menyimpan dan merawat pasti dengan rasa hati hati karena merasa bahwa barang tersebut sangat berharga, sebaliknya jika barang tersebut hilang/lupa menyimpan maka si empunya merasa sangat kehilangan walau hanya satu gram…betul? Sehingga dengan daya upaya untuk mencarinya dengan mengarahkan semua tenaga, semua keliuarga, dll. Pokoknya semua jalan ditempuh untuk menemukannya. Itu merupakan gambaran sekilas tentang barang atau harta yang sangat dicintainya. Lalu bagaimana jika emas yang di cintainya tersebut berupa INVESTASI MASA DEPAN berupa ANAK ? tentu kita sepakat hal ini lebih penting dari emas harta, karena masa emas seorang aak hanya dialami sekali dalam hidupnya. Di usia 0-5 tahun anak biasa disebut dengan golden age/usia emas…….aspek kognitif, afektif, motorik dan psikososial seorang anak berkembang secara pesat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...