QUANTUM GAMES & QUANTUM TEACHING”
( auntuk calon trainer dan instruktur quantum game))
Banyak Guru yang mengajar merasa kewalahan, mulai dari kelasnya yang gaduh, siswanya sulit diatur, ramai sendiri, hingga berbagai peristiwa “kenakalan” yang berat diantisipasi. Kalau sudah demikian, tak jarang jurus pamungkas guru pun dikeluarkan, marah-marah besar plus mengancam dengan vonis hukuman berat yang terkadang sangat rentan dengan beban moral dan mental si anak. Semua itu dilakukan guru sekedar membuat anak menjadi jera tanpa melihat aspek edukatifnya sama sekali.
Alhasil, siswa menilai gurunya dengan predikat guru GALAK, dan guru pun menilai siswanya dengan mengklaim anak NAKAL. Mana yang benar ? Sampai kapan iklim saling klaim akan terjadi ?
Jika kita kaji, Pendidikan pada dasarnya adalah sebuah gagasan. Di dalamnya bakat, tekad, ketersediaan dan kesadaran merupakan faktor yang sangat intens untuk diperjuangkan. Gagasan atau ide mustahil dapat berkembang jika kebebasan siswa dikekang. Anak disuruh duduk manis, tangan bersedekap dan mulut dikunci selama berjam-jam. Bukankah kita sendiri sebagai guru tidak tahan jika diperlakukan demikian ?
Dengan kata lain, menjadi guru dituntut pemikiran dan sikapnya yang kreatif, inovatif dan senantiasa pro-aktif memberikan nuansa baru. Sangat bijaksana andaikata diberikan kesempatan pada anak untuk memilih metode alternatif dalam belajar yang ia sukai. Mengkondisikan belajar selalu dalam suasana Fun tanpa ada rasa terpaksa. Menciptakan budaya kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Guru selalu memberikan ide-ide terbaru dan mungkin sesekali bisa mengadopsi ide siswa. Sehingga proses belajar akan terjadi secara dua arah, aktif dan siswa merasa puas jika idenya diterima dan dapat diaplikasikan saat pembelajaran berlangsung.
Untuk itu, Bersama ini kami bermaksud menawarkan kerjasama Pelatihan Guru dengan materi “@QUANTUM GAME @ QUANTUM TEACHING @ HIPNOTEACHING @ BCL (BERMAIN CERITA DAN LAGU) ”. Hal ini penting kami sampaikan agar guru dapat termotivasi untuk kembali melahirkan ide-ide brilian-nya dalam mengajar. Disamping pengajarannya selalu up to date maka siswa pun senantiasa riang . Tak ada titik jenuh saat belajar. Guru oke murid pun enjoy.
PELATIHAN QUANTUM GAMES/QUANTUM TEACHING DAN MENGAJAR DENGAN TEKNIK BCL
( BERMAIN CERITA DAN LAGU )
TUJUAN PELATIHAN :
1. Memberikan alternatif metode pembelajaran pada guru dalam bentuk Joyfull Learning melalui fun game.
2. Menjadikan guru berkarakter motivator/trainer
3. Memberikan motivasi mengajar secara profesional sesuai kompetensi yang diharapkan.
4. Media latihan yang dapat menstimulus kreativitas pembelajaran para guru.
5. Sebagai wahana yang bersifat rekreatif dan edukatif bagi para guru.
6. Menjadikan pengajar yag selalu dirindukan siswa-siswinya
MANFAAT PELATIHAN :
1. Guru Taman Kanak-kanak (TK) serta Kepala Sekolah.
2. Guru Sekolah Dasar (SD).
3. Mahasiswa PGTK dan PGSD.
4. Pengajar TPA/TPQ, Tutor, Trainer, dan Profesional Pendidikan lainnya.
5. Mahasiswa jurusan pendidikan
6. Masyarakat umum yang peduli terhadap dunia pendidikan.
MATERI
Urgensi sistem pembelajaran dengan model Joyfull Learning bagi siswa dan anak.
Prinsip-prinsip membuka dan menutup kelas yang menyenangkan.
“Setting Games” dalam Pembelajaran dan Pedoman dasar dalam memainkan game.
Teori dan praktek mengajar dengan gamesSimulasi pembelajaran berbasis quantum/active learning, dll
Permainan anak di kelas atau diluar kelas
Metode bermain dan outbound
Mind Set guru berkarakter trainer
Jalur belajar di otak manusia
Menata panggung belajar ala super quantum teaching
Strategi alpha zone dalam membuka pembelajaran yang menyenangkan
Membangkitkan minat belajar siswa dengan AMBAKU
Mengelola lingkungan belajar dengan mengajar berbasis 3 batang otak
Meningkatkan konsentrasi siswa dengan mengatur waktu jeda
Menemukan dan melayani seluruh gaya belajar siswa
Memanfaatkan musik untuk belajar
Mengoptimalkan kedua belah otak dalam belajar
Waktu selama pelatihan :
1. Durasi pelaksanaan 1 s/d 2 hari ( menyesuaikan)
2. Tempat Menyesuaikan
a. INVESTASI /KONTRIBUSI PESERTA
( menyesuaikan)
b. FASILITAS
1). Sertifikat
2). Makalah
3). Coffe break & Makan siang
Doorprize
Kang Deden, S.sos.I CPSTS, CPCS, CIMSP
- Master Coach Motivation Training Center
- Master Trainer QUANTUM TEACHING Program
- Master Trainer AHE LEARNING CENTER
- Certified Instructor Motivation Skill Program from SMMI
- Certified Golden Word Communication Specialist from SMMI
- Certified Power of Story Telling Specialist from SMMI
- Certified Powerfull Communication Specialist from SMMI
- Certified Neo NLP Prac NLP
- Pendongeng di Persatuan Pendongeng Muslim Indonesia
- Praktisi Pendidikan Anak Quantum
- Direktur Quantum Power Learning
- Motivator Suskada (Kursus Kader Da’I Muda ) BKPRMI
- Owner TPQ Unggulan
- Direktur Jari Cerdas Indonesia Purworejo
- Dosen STPI BIM PGTK Yogyakarta
- Kepala Paud Ahe firdaus
- Juara 1 Pemilihan Ustadz kreatif dan inovatif Tingkat Jawa Tengah
KEUNGGULAN :
1. Trainer memiliki pengalaman praktis di dunia pendidikan khususnya anak PAUD dan TK
2. Trainer memiliki pengalaman mendongeng dan aktiF di persatuan pendongeng muslim Indonesia
3. Penyajian pelatihan sangat menarik dan menyenangkan sehingga peserta sangat menikmati kegiatannya dan tidak membuat “boring”.
4. Metode penyajian pelatihan dengan berbagai media, audi visual, simulasi
5. Berpengalaman dalam program membangun karakter guru yang ramah otak
PENUTUP :
Tak ada Gading yang Tak Retak, sesempurna apapun model pembelajaran yang diberikan guru pasti masih ada kekurangannya. Sebaik-baik guru bukanlah orang yang senantiasa merasa benar model pembelajarannya akan tetapi guru yang sempurna adalah yang selalu mengadakan uji coba (eksperimen) lalu memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah terjadi agar menjadi sempurna.
Demikian proposal kerjasama ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami haturkan terima kasih.
Purworejo, ……………..2012
Hormat Kami
sampel manual acara :
07.00-08.00 : Registrasi Ulang
08.00-08.30 : Ceremonial Pembukaan
08.30-10.00 : senam otak kanan dan kiri materi I
10.00-10.15 : Motivasi guru menuju sang juara
10.15-11.15 : Materi 2
11.15-11.45 : Ice breaking / simulasi game
11.45-13.00 : Ishoma
13.00-14.30 : Teaching Quantum Games
14.30-16.00 : Ceremonial Penutupan & informasi Panitia
Mekanisme Kerjasama :
1. Pihak penyelenggara harus menghubungi pembicara 2 minggu sebelum pelaksanaan.
2. Pihak penyelenggara bertanggungjawab terhadap penyediaan sarana :
a. Ruang yang kondusif dengan power listrik selalu on
b. Layar dan Proyektor (LCD)
c. Soundsystem sesuai dengan kapasitas jumlah peserta (kabel audio out put dari lap top wajib ada)
d. Pengadaan sertifikat
e. Foto copy makalah
f. Penyediaan snack dan makan siang.
3. Pihak pembicara bertanggung jawab terhadap materi pelaksanaan, termasuk peralatan untuk pelatihan teaching
4. Segala permasalahan yang terjadi diselesaikan secara musyawarah kekeluargaan.
5. Win-win solution
6. Panititia bertanggung jawab tiket pulang pergi dan akomodasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar