Sasaran:
- Usia santri 6-10 tahun
- Waktu: 15 menit
Tujuan:
- Mengingat kapan kelahiran dirinya
- Menyadari bagaimana berat dan sakitnya ibu melahirkan
- Mengenal nama dan nomor surat serta ayat Al Qur’an
- Mencintai ibu yang telah mengandung dan melahirkannya
Bahan-bahan:
- Kartu B3Q: Kartu Surat Al Insan dan Kartu Surat Al A’laq
- Al Qur’an dan terjemahnya
- Mintalah santri menulis kapan kelahirannya
- Jelaskan dengan bantuan gambar kartu surat Al Insan proses kelahiran seorang anak
- Hubungkan angka kelahiran dengan nama surat dalam Al Qur’an, caranya jadikan jumlah tanggal, bulan dan tahun kelahiran menjadi nomor surat. Contoh: 01-09-2002; jadi 1+9+2+0+0+2= 14; nomor surat ke 14 yaitu surat Ibrahim
Sasaran:
- Santri usia 5-10 tahun
- Waktu: 15 menit
- Mengenalkan nama-nama surat dalam Al Qur’an
- Membangun imajinasi lewat kisah dengan menggunakan nama surat
- Mengenal asal usul penamaan sebuah surat
- Kartu B3Q
- Tunjukkan empat kartu dalam kelompok kuartet seperti kelompok surat Makkiyah (Kuartet no.1): Al An’am, Al Jinn, Al Mursalat, An Naas
- Ceritakanlah sebab-sebab penamaan empat surat tersebut
- Mintalah santri untuk merangkai empat nama surat itu menjadi sebuah cerita
- Berilah sebuah contoh kisahnya, Missal: Allah menciptakan hewan-hewan (Al An’am) untuk kepentingan manusia (An Naas) dan begitu juga Allah telah mengutus Malaikat (Al Mursalat) untuk membimbing manusia dan jinn (Al Jinn)
Sasaran:
- santri usia 5-8 tahun
- Waktu: 10 menit
- Mengenalkan nama-nama surat lewat kartu surat bergambar dan bernomor
- Membangun imajinasi nama surat lewat visualisasi
- Menjodohkan nomor dan nama surat lewat mencari pasangannya
- Kartu B3Q
- Bagilah Santri menjadi dua kelompok. Kelompok A dan B dengan jumlah setiap kelompok empat orang
- Berikan setiap kelompok santri empat kartu Berilah mereka waktu 3-5 menit untuk mengingat nama surat dan nomor surat.
- Berikan Kartu santri A kepada santri B dan sebaliknya.
- Mintalah santri B untuk menyebut nomor surat dan santri A untuk menjawab nama surat dan sebaliknya.
- Berilah penjelasan tentang nama surat dan bantulah anak jika dalam kesulitan menemukan pasanganya.
Sasaran:
- Santri 5-8 tahun
- Waktu: 5-15 menit
- Mengenalkan surat-surat Al Qur’an bernama hewan
- Menyebutkan nama-nama suratnya dengan benar
- Merangsang imajinasi anak tentang nama-nama binatang dalam surat Al Qur’an
- Kartu B3Q
- Kumpulkan Kartu B3Q yang bergambar Hewan; Nomor surat: 2, 6, 16, 27, 29, 100, 105 (Al Baqarah, Al An’am, An Nahl, An Naml, Al Ankabuut, Al ‘Aadiyaat, Al Fiil
- Jelaskan bahwa santri akan diajak untuk mengenal surat-surat dalam Al Qur’an bernama hewan
- Mintalah salah seorang santri mengambil satu kartu
- Mintalah anak tersebut menyebutkan apa nama gambar binatang pada kartu tersebut
- Mintalah santri yang lain untuk menyebut nama suratnya.
- Akhirnya semua santri biarkan untuk membaca semua informasi yang terdapat dalam kartu yang bergambar hewan-hewan tersebut. Nama surat, nomor surat, jumlah ayat dan sebab penamaan surat
Sasaran:
- Santri usia 6-8 tahun
- Waktu: 5-15 menit
- Mengenal nama-nama surat dengan cara menjelaskan ciri-ciri tertentu
- Melatih imajinasi dan kemampuan menjelaskan secara lisan
- Kartu B3Q; Surat nama Nabi 10, 11, 12, 14, 47, 71 (Yunus, Huud,Yusuf, Ibrahim, Muhammad, Nuuh)
Langkah-langkah
- Minta salah seorang santri untuk tampil ke depan.
- Tunjukan beberapa gambar tadi, untuk dipilih.
- Setelah itu, mintalah santri tersebut menjelaskan identitas nama surat tadi, dengan caranya, tanpa menyebutkan apa nama suratnya.
- Guru meminta agar santri yang lain menyebutkan nama surat yang diberikan penjelasan dan cirri-cirinya.
- Lakukan hal yang sama kepada semua santri, sampai semua nama surat tentang nama nabi dapat ditebak dengan benar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar