September 08, 2009

Hadapi dunia dengan tujuh (T)

HADAPI DUNIA DENGAN TUJUH T


Dalam kehidupan sehari-hari tentunya sering mendapat masalah. Namun dengan masalah tersebut bukan berarti kita harus menjauhinya tetapi bagaimana kita kelola masalah tersebut. Untuk itu mari hadapi masalah dunia itu dengan tujuh T:
1. Tenang, hadapi masalah dengan tenang./ sebesar apapun apabila kita menghadapi masalah dengan tenang maka masalah pun akan segera teratasi. Kita masih ingat da’I kondang AA gym sering bersenandung : Bila hati kian tenang pikiran pun akan senang, walau kesulitan datang dihadapi dengan tenang, namun bila hati keruh, batin selalu gemuruh, seakan dikejar musuh dengan Allah kian jauh.
2. Tahan, masalah bertubi-tubi namun tetap bertahan bagaikan batu karang ditengah lautan kuat dan tidak mudah patah. Begitu pula kita apabila dihadapi dengan masalah yang bertubi-tubi maka harus kuat dan tahan banting.
3. Tabah
4. Tekun, sesulit dan sesusah apapun apabila tekun dalam menghadapinya maka kita akan bahagia di dunia. Banyak pengusaha yang tekun dan ulet akhirnya menemukan kesuksesannya, sebaliknya pengusaha yang malas, kebanyakan dari mereka hancur akan perusahaannnya.
5. Teliti, dalam pepatah Arab mengatakan :



Artinya : Dalam kehati-hatian ada keselamatan dan dalam ketergesa-gesaan ada penyesalan.
6. Tanggulangi, kebanyakan manusia lari akan masalahnya, karena merasa masalahnya sangat rumit dan berat, tetapi jarang yang siap menghadapi masalah itu dengan segera ditanggulangi sebaik mungkin.
7. Tawakkal, usaha sudah maksimal, maka yang perlu kita lakukan adalah pasrah/Tawakkal yakni pasrah kepada Allah. Dengan pasrah bukan berarti lari dari masalah akan tetapi itulah jalan terbaik yang disukai Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal



2 komentar:

  1. wah materinya sip..bnoleh kucopas ya buat ngaji

    BalasHapus
  2. man ada lagi kang matrinya saya butuh banayak nih'

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...