September 10, 2009

Tujuh PeriSAI HIDUP MANUSIA



TUJUH PERISAI
HIDUP MANUSIA


Hidup akan terasa hampa dan keropos jika manusia tidak mempunyai bekal untuk kesuksesan dunia dan akhirat.
Untuk itu perlu kita hiasi hidup kita dengan Tujuh Perisai :
1. Iman, pengertian iman menurut etimologi ialah “ Percaya”, yaitu mempercayai akan ke-Esaan Allah dengan segala sifat-sifat-Nya yang sempurna. Untuk memantapkan kepercayan tersebut, perlu iman yang benar dan tauhid yang betul. Sesungguhnya iman bukanlah sekedar percaya saja, melainkan juga harus dibuktikan dengan amal perbuatan nyata. Misalnya Iman kepada Allah harus diikuti dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhkan diri dari segala larangan-Nya dengan dasar kecintaan.

2. Taqwa, atinya terpelihara dari perbuatan yang dimurkai Allah, dari perbuatan yang merugikan orang lain, dari perbuatan yang merugikan diri sendiri. Adapun perintah taqwa terdapat dalam surat Al-Maidah a yat 2 :




Artinya : Dan bertolong-menolonglah kamu dalam berbuat kebaikan dan ketaqwaan kepada Allah, dan janganlah kamu bertolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan.
3. Shalat adalah tiangya agama dan kunci seluruh kebaikan. Allah memfardukan shalat kepada hamba-Nya agar mendapat pengajaran dari Allah.
4. Syukur adalah ungkapan terima kasih atas nikmatnya baik ucapan, hati atau pun perbuatan. ( Qs Ibrahim : 7 ).
5. Sabar. Allah akan senantiasa bersama-sama orang yang sabar. Karena orang yang sabar akan segala hal akan senantasa dikasih tuhan.
6. Dzikir, sudah diungkapkan dengan sangat jelas oleh Allah bahwa dengan berdzikir hati menjadi tenang. Dalam Al-Qur’an Surat Al-Ra’du ayat 28, Allah berfirman :


Artinya: ingatlah, dengan dzikir hati menjadi tenang.
Dzikir akan menghadirkan ketenangan. Pernyataan di atas mendapat dukungan dari penelitian yang dilakukan secara empirik. Berbagai penelitian ilmiah yang dilakukan oleh ahli-ahli psikologi mengungkapkan bahwa ketenangan akan menjadi milik orang-orang yang melakukan dzikrullah.
7. Do’a. Allah menjanjikan dalam firman-Nya yaitu bahwa Allah akan mengijabahi hambanya jika senantiasa banyak berdo’a/bermunajat. Berdo’alah maka akan kami kabulkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...