September 02, 2009

Tujuh tugas seorang mukmin di bulan romadhan



Pada bulan Ramadhan seseorang mempunyai beberapa tugas syar’i. Tugas-tugas ini sudah dijelaskan oleh Rosulullah Saw melalui sunnah qouliyah (perkataan) beliau, juga dengan praktek-praktek langsung dari beliau. Karena bulan Ramadhan merupakan musim kebaikan. Nikmat-nikmat Allah yang dianugrahkan kepada para hamba pada bulan ini lebih banyak persoalan hukum syar’I, yang meliputi seluruh amalan satu bulan yang penuh dengan amalan kebaikan dan ketaqwaan. Tujuh tugas seorang mukmin di bulan Ramadhan yaitu :
1. Shiyam ( Puasa), Puasa seperti dikatakan Ibnul Qoyyim, memberikan pengaruh mengagumkan dalam memelihara anggota badan dan kekuatan batin, serta mengatur metabolisme, sehingga tubuh mendapatkan keseimbangan. Dia membersihkan zat-zat yang dapat berpengaruh kepada kesehatan. Puasa juga akan menjaga kesehatan hati dan anggota tubuh, setelah dikuasai oleh jerat-jerat syahwat. Ia sangat berperan dalam membantu mendatangkan ketaqwaan. Rosulullah saw pernah bersabda yang artinya : Barang siapa berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan ihtisab, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. Menurut maksud hadits ini adalah, berpuasa dengan membenarkan kewajibannya dan mengharapkan pahalanya, dengan hati yang rela, tidak membencinya, tidak menganggapnya berat, atau merasa hari-harinya terlalu panjang. Namun selalu memanfaatkan sepanjang hari-harinya karena besarnya pahala.

2. Qiyamullail (terawih). Shalat terawih ini sunnahnya dikerjakan secara berjama’ah selama bulan Ramadhan. Ini berdasarkan sabda nabi : Artinya : sesungguhnya barang siapa yang shalat bersama imam sampai imam itu selesai, maka ditetapkan pahala baginya, seperti shalat sepanjang malam.(HR. Abu Dawud dan Tirmidzi, Nasai.)
3. Shodaqah. Karena kedermawanan Rosulullah saw paling menonjol pada bulan Ramadhan. Kedermawanan ini mencakup semua pengertian shadaqah dan semua jenis perbuatan baik. Karena kedermawanan itu banyak memberi dan sering memberi. Dan shadaqah di bulan ini akan dilipatgandakan pahalanya.
4. Memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa. Rosul Saw telah menekankan hal ini dan memberitahukan hasilnya, yaitu berupa ganjaran yang besar dan agung, Beliau bersabda yang artinya : Barang siapa yang memberikan makanan buka puasa, kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala, sebagaimana pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa.
5. Membaca Al-Qur’an. Bulan Ramadhan, merupakan bulan Al-Qur’an. Hal ini sebagaimana difirmankan dalam surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya Bulan ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda antara yang haq dan yang bathil.
6. Umrah. Imam Bukhari dan imam Muslim meriwayatkan sebuah hadits dari nabi Muhammad saw: : Artinya : Umrah pada bulan Ramadhan sama dengan haji bersamaku.
7. Mencari Lailatul Qodar. Lailatul Qadar itu berada pada malam-malam ganjil sepuluh malam terakhir dari bulan ramadhan.
Itulah tugas syar’I seorang muslim pada bulan Ramadhan yang penuh barkah ini.




Reblog this post [with Zemanta]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...